Hallooo,, apakabar semuanya yang lagi membaca blogku.Disini aku akan berbagi pengalaman mengenai pembuatan RPP, materi ini diajarkan di mata kuliah Curriculum semester Lima (V).Waktu itu aku disuruh mengajar sesuai dengan RPP yang sudah aku buat dan aku membuat RPP yang isinya mengajar tentang WAKTU.
Nah apasih RPP itu ?
RPP adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, yang digunakan guru untuk mengajar seorang siswanya atau acuan atau pegangan guru untuk mengajar didalam kelas yang sesuai dengan standart kompetensi atau satandart dasar
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGRI 2 PARE
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : VII/ I(satu)
Materi Pokok : Reading
Alokasi Waktu : 1
pertemuan ( 2X45 menit)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menanggapi dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
: Menghargai perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa
ingin tahu, percaya diri, toleran, motivasi internal, pola hidup sehat, dan
ramah lingkungan) dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan keagamaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan
menyaji berbagai hal dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari
berbagai sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KI
5 : Memahami bagaimana perbedaan waktu
menggunakan bahasa British dan American.
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional.
2.3.Menghargai perilaku tanggungjawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
1.1.1. Melaksanakan materi describe picture atau
waktu dengan sungguh- sungguh.
2.3.1.Tangungjawab dalam mengerjakan tugas atau instruksi
dari guru.
2.3.2.Peduli dalam membantu teman menyelesaikan
tugas tentang describe waktu atau
describe yang lain.
2.3.3. Melakukan kerjasama yang baik dalam
berdiskusi baik berpasangan maupun berkelompok.
2.3.4.Cinta damai dalam melakukan tanya jawab antar
teman atau guru.
|
3.7. Memahami fungsi sosial struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk penyebutan sifat orang, binatang,
dan benda.
|
3.7.1.Mendeskripsikan sebuah gambar yang terdapat waktunya.
3.7.2. Mengidentifikasi waktu menggunakan kalimat
brithish atau american..
3.7.3. Mengucapkan kalimat-kalimat menggunakan bahasa british dan america tentang
3.7.4. Menuliskan tentang waktu dengan benar.
|
4.7. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyebutkan
sifat orang, binatang, dan benda, dengan unsur kebahasaan yang benar dengan
sesuai konteks.
|
4.7.1. Mengelompokkan golongan
waktu.
4.7.2. Menyusun dialog/ percakapan tentang Waktu
4.7.3. Membandingkan antara
waktu (am) dan (pm)
4.7.4. Menyebutkan jumlah waktu dalam satu hari.
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah kegiatan pembelajaran siswa diharapkan dapat :
a.
Melaksanakan
dan mengetahui materi reading dengan menggunakan waktu.
b.
Bertanggung
jawab dalam mengerjakan tugas atau instruksi dari guru.
c.
Melakukan
kerjasama yang baik dalam mengerjakan tugas baik secara berpasangan maupun
berkelompok (Diskusi).
d.
Bersikap cinta
damai dalam melakukan tanya jawab antar teman atau guru, tidak saling memotong
pembicaraan.
e.
Siswa dapat
memahami tentang waktu dan penggunaan waktu dalam british dan america, bisa
memahami antara (am) dan (pm).
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Fungsi sosial
Menjaga hubungan Interpersonal dengan guru, teman dan
orang lain.
2. Struktur teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/diluar
dugaan)
3.
Unsur kebahasaan
(1) Kata tanya What?
(2) Waktu yang digunakan dalam
keseharian british atau america.
E.
METODE
PEMBELAJARAN
Penjelasan,penugasan
dan tanya jawab.
F.
MEDIA, ALAT DAN
SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media : gambar ( picture) tentang waktu.
2.
Alat : papan tulis, boardmaker.
3.
Sumber : LKS, buku
teks english, literatur yang relevan.
G.LANGKAH-LANGKAH
PEMBUATAN MEDIA
Bahan :
1.
Kertas manila
berwarna
2.
Kertas lipat
berwarna
3.
Penggaris,
Spidol hitam dan hijau/merah.
4.
Lingkaran (bisa
dari cup aqua atau yang lebih besar cup es)
5.
Gunting , lem pelekat.
Langkah Pembuatan :
1.
Lingkari kertas
lipat menggunakan cup kemudian setelah dilingkari tulislah angka jam dan jarum
jam beserta menitnya menggunakan spidol dan penggaris buat membuat jarum jam.
2.
Lalu gunting
lingkaran tersebut.
3.
Setelah
digunting dengan rapi potongan kertas lipat tersebut berubah menjadi lingkaran
dan tempelkan di kertas manila yang berwarna tersebut menggunakan lem pelekat.
4.
Selesai.
G.
LANGKAH –
LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN.
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Awal
|
a.
Memberi
motivasi belajar
b.
Memberi
brainstroming berupa pertanyaan yang sesuai dengan materi.
|
5 menit
|
Inti
|
Mengamati
a.
Siswa
ditunjukkan beberapa gambar waktu dan kalimat mengenai waktu seperti (a
half,a quarter,o’clock, to,past )dan
diminta kalimat-kalimat tersebut.
b.
Siswa melihat
jam yang ada dikelas dan membaca untuk menghafalkan waktu.
c.
Siswa
diberikan beberapa soal terkait materi yang telah dibahas sebagai evaluasi.
Menanya
Dengan bimbingan dan
arahan dari guru, siswa mempertanyakan antara lain berbagai ungkapan atau
kata-kata yang digunakan untuk bertanya waktu.
Mengumpulkan Data
a.
Siswa dapat
mengerti waktu dengan tepat
b.
Siswa dapat
mengetahui tentang materi pada gambar tersebut.
Mengasosiasi
a. Guru
mengajak siswa berlatih menghubungkan konsep – konsep yang berkaitan dengan
materi yang ada didalam LKS
b. Guru
meminta siswa memberikan penjelasan tentang peta konsep yang telah dilengapi
dengan membuat cerita mengenai waktu
Mengkomunikasi
a. Guru
bersama siswa membuat
simpulan mengenai
materi waktu yang telah dipelajari
b.
Guru memberikan penguatan kepada siswa mengenai materi tersebut.
|
70 menit
|
Penutup
|
-
Guru meriview
materi yang telah dipelajari tadi.
-
Siswa
diberikan PR untuk menghafalkan pembagian waktu.
|
10 menit
|
H.
PENILAIAN
1.
Jenis/ teknik
penilaian
-
Tes tulis dan
tes kinerja
Penilaian proses berlangsung selama pembelajaran berlangsung yang
dimulai dari proses mengamati, menanya, menganalisis, mengasosiasi, hingga mengkomunikasikan
Sikap :
-
Observasi
siswa
sendiri dan temannya dengan menggunakan daftar cek atau skala penilaian (
rating scale) yang disertai rubrik.
-
Jurnal, di
dalam dan luar kelas, berupa catatan pendidik.
Guru
mengobservasi dan mencatat perilaku siswa yang mencakupi sikap dan
keterampilannya.
Pengetahuan :
Pengetahuan
siswa tentang struktur teks, unsure kebahasaan dievaluasi dengan menggunakan
tes tulis/lisan & penugasan (PR).
Keterampilan
:
Praktik
1.
Pedoman
penskoran
1.
Jenis / teknik penilaian : lisan, tulis
Bentuk
penilaian :
essay
2.
Bentuk instrumen dan instrument : terlampir
3.
Rubrik penilaian
a.
Rubrik Penilaian Sikap
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan
Skor
|
1.
|
Tanggung
jawab
|
5 : selalu
tanggung jawab
4 : sering
tanggung jawab
3 : kadang-kadang tanggung jawab
2 : jarang
tanggung jawab
1 : tidak pernah tanggung jawab
|
|
2.
|
Disiplin
|
5 : selalu disiplin
4 : sering disiplin
3 : kadang-kadang disiplin
2 : jarang disiplin
1 : tidak pernah disiplin
|
|
3.
|
Kerjasama
|
5 : selalu kerjasama
4 : sering kerjasama
3 : kadang-kadang kerjasama
2 : jarang kerjasama
1 : tidak
pernah kerja sama
|
Rumus
perhitungan nilai sikap siswa, sebagai berikut :
Jumlah skor
yang diperoleh siswa
x
100
Skor maksimal/ideal
b.
Rubrik Penilaian Speaking dan writing.
No
|
Nama siswa
|
Penilaian
|
π
|
|||||||||||
Writing
|
∑
|
Speaking
|
∑
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
78
|
||||
1
|
||||||||||||||
2
|
||||||||||||||
3
|
||||||||||||||
4
|
||||||||||||||
5
|
||||||||||||||
6
|
||||||||||||||
7
|
5 = amat baik
4 = baik
3 = cukup
2 = kurang
1 = amat kurang
Rumus perhitungan nilai
siswa, sebagai berikut:
|
||
|
Kediri, 29 September, 2016
Mengetahui
Kepala SMP / MTS Guru
Mata Pelajaran
Tri Nanda Bella. N
NIP. 14020230042.
No comments:
Post a Comment