Friday, December 16, 2016

RPP kelas VII



      Hallooo,, apakabar semuanya yang lagi membaca blogku.Disini aku akan berbagi pengalaman mengenai pembuatan RPP, materi ini diajarkan di mata kuliah Curriculum semester Lima (V).Waktu itu aku disuruh mengajar sesuai dengan RPP yang sudah aku buat dan aku membuat RPP yang isinya mengajar tentang WAKTU.

Nah apasih RPP itu ?
      RPP adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, yang digunakan guru untuk mengajar seorang siswanya atau acuan atau pegangan guru untuk mengajar didalam kelas yang sesuai dengan standart kompetensi atau satandart dasar 







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP NEGRI 2 PARE
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester           : VII/ I(satu)
Materi Pokok               : Reading
Alokasi Waktu             : 1 pertemuan ( 2X45 menit)

A.     KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  : Menanggapi dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, toleran, motivasi internal, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan) dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3  : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan keagamaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji berbagai hal dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KI   5  :  Memahami bagaimana perbedaan waktu menggunakan bahasa British dan American.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional.
2.3.Menghargai perilaku tanggungjawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.


1.1.1.      Melaksanakan materi describe picture atau waktu dengan sungguh- sungguh.


2.3.1.Tangungjawab dalam mengerjakan tugas atau instruksi dari guru.
2.3.2.Peduli dalam membantu teman menyelesaikan tugas tentang describe waktu atau describe yang lain.
2.3.3. Melakukan kerjasama yang baik dalam berdiskusi baik berpasangan maupun berkelompok.
2.3.4.Cinta damai dalam melakukan tanya jawab antar teman atau guru.
3.7. Memahami fungsi sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk penyebutan sifat orang, binatang, dan benda.








3.7.1.Mendeskripsikan sebuah gambar yang terdapat waktunya.
3.7.2. Mengidentifikasi waktu menggunakan kalimat brithish atau american..
3.7.3. Mengucapkan kalimat-kalimat menggunakan bahasa british dan america tentang
3.7.4. Menuliskan tentang waktu dengan benar.
4.7. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyebutkan sifat orang, binatang, dan benda, dengan unsur kebahasaan yang benar dengan sesuai konteks.

4.7.1. Mengelompokkan golongan waktu.
4.7.2. Menyusun dialog/ percakapan tentang Waktu
4.7.3. Membandingkan antara waktu (am) dan (pm)
4.7.4. Menyebutkan jumlah waktu dalam satu hari. 

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah kegiatan pembelajaran siswa diharapkan dapat :
a.       Melaksanakan dan mengetahui materi reading dengan menggunakan waktu.
b.      Bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas atau instruksi dari guru.
c.       Melakukan kerjasama yang baik dalam mengerjakan tugas baik secara berpasangan maupun berkelompok (Diskusi).
d.      Bersikap cinta damai dalam melakukan tanya jawab antar teman atau guru, tidak saling memotong pembicaraan.
e.       Siswa dapat memahami tentang waktu dan penggunaan waktu dalam british dan america, bisa memahami antara (am) dan (pm).

D.    MATERI PEMBELAJARAN

1.      Fungsi sosial
Menjaga hubungan Interpersonal dengan guru, teman dan orang lain.

2. Struktur teks
- Memulai  
- Menanggapi (diharapkan/diluar dugaan)
 
       3. Unsur kebahasaan
(1) Kata tanya What?
(2) Waktu yang digunakan dalam keseharian british atau america.

E.     METODE PEMBELAJARAN
            Penjelasan,penugasan dan tanya jawab.

F.     MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media  : gambar ( picture) tentang waktu.
2.      Alat     : papan tulis, boardmaker.
3.      Sumber : LKS, buku teks english, literatur yang relevan.


G.LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN MEDIA

Bahan : 
1.      Kertas manila berwarna
2.      Kertas lipat berwarna
3.      Penggaris, Spidol hitam dan hijau/merah.
4.      Lingkaran (bisa dari cup aqua atau yang lebih besar cup es)
5.      Gunting , lem pelekat.

Langkah Pembuatan :
1.      Lingkari kertas lipat menggunakan cup kemudian setelah dilingkari tulislah angka jam dan jarum jam beserta menitnya menggunakan spidol dan penggaris buat membuat jarum jam.
2.      Lalu gunting lingkaran tersebut.
3.      Setelah digunting dengan rapi potongan kertas lipat tersebut berubah menjadi lingkaran dan tempelkan di kertas manila yang berwarna tersebut menggunakan lem pelekat.
4.      Selesai. 

G.    LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN.

Tahap Kegiatan
Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
Awal
a.      Memberi motivasi belajar
b.      Memberi brainstroming berupa pertanyaan yang sesuai dengan materi.
5 menit
Inti
Mengamati
a.      Siswa ditunjukkan beberapa gambar waktu dan kalimat mengenai waktu seperti (a half,a quarter,o’clock, to,past )dan  diminta kalimat-kalimat tersebut.
b.      Siswa melihat jam yang ada dikelas dan membaca untuk menghafalkan waktu.
c.       Siswa diberikan beberapa soal terkait materi yang telah dibahas sebagai evaluasi.
Menanya
 Dengan bimbingan dan arahan dari guru, siswa mempertanyakan antara lain berbagai ungkapan atau kata-kata yang digunakan untuk bertanya waktu.
Mengumpulkan Data
a.      Siswa dapat mengerti waktu dengan tepat
b.      Siswa dapat mengetahui tentang materi pada gambar tersebut.
Mengasosiasi
a.       Guru mengajak siswa berlatih menghubungkan konsep – konsep yang berkaitan dengan materi yang ada didalam LKS
b.      Guru meminta siswa memberikan penjelasan tentang peta konsep yang telah dilengapi dengan membuat cerita mengenai waktu
Mengkomunikasi
a.       Guru bersama siswa membuat simpulan mengenai materi waktu  yang telah dipelajari
b.      Guru memberikan penguatan kepada siswa mengenai materi tersebut.
70 menit
Penutup
-          Guru meriview materi yang telah dipelajari tadi.
-          Siswa diberikan PR untuk menghafalkan pembagian waktu.

10 menit

H. PENILAIAN

1.      Jenis/ teknik penilaian
-          Tes tulis dan tes kinerja
Penilaian proses berlangsung selama pembelajaran berlangsung yang dimulai dari proses mengamati, menanya, menganalisis, mengasosiasi, hingga mengkomunikasikan

Sikap :
-                      Observasi
siswa sendiri dan temannya dengan menggunakan daftar cek atau skala penilaian ( rating scale) yang disertai rubrik.
-                      Jurnal, di dalam dan luar kelas, berupa catatan pendidik.
Guru mengobservasi dan mencatat perilaku siswa yang mencakupi sikap dan keterampilannya.

Pengetahuan :
Pengetahuan siswa tentang struktur teks, unsure kebahasaan dievaluasi dengan menggunakan tes tulis/lisan & penugasan (PR).

Keterampilan :
Praktik
1.      Pedoman penskoran
1.      Jenis / teknik penilaian                        : lisan, tulis
Bentuk penilaian                                 : essay
2.      Bentuk instrumen dan instrument       : terlampir

3.      Rubrik penilaian 

a.       Rubrik Penilaian Sikap
No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan Skor
1.
Tanggung jawab
5 : selalu tanggung jawab
4 : sering tanggung jawab
3 : kadang-kadang tanggung jawab
2 : jarang tanggung jawab
1 : tidak pernah tanggung jawab

2.
Disiplin
5 : selalu disiplin
4 : sering disiplin
3 : kadang-kadang disiplin
2 : jarang disiplin
1 : tidak pernah disiplin

3.
Kerjasama
5 : selalu kerjasama
4 : sering kerjasama
3 : kadang-kadang kerjasama
2 : jarang kerjasama
1 : tidak pernah kerja sama


Rumus perhitungan nilai sikap siswa, sebagai berikut :
Jumlah skor yang diperoleh siswa
x 100
Skor maksimal/ideal

b.      Rubrik Penilaian Speaking dan writing.
No
Nama siswa
Penilaian
π
Writing
Speaking
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
78
1














2














3














4














5














6














7















5 = amat baik
4 = baik
3 = cukup
2 = kurang
1 = amat kurang

Rumus perhitungan nilai siswa, sebagai berikut:


 

                                                            Kediri, 29 September, 2016


Mengetahui
Kepala SMP / MTS                                                   Guru Mata Pelajaran


 
Tri Nanda Bella. N
NIP.                                                                                  14020230042.

No comments:

Post a Comment