Hay guys,, syukur Allhamdulillah saya masih diberi
kesmpatan untuk mengungkapkan pengetahuan yang saya dapat dari dosen saya
mengenai model-model pembelajaran yang nantinya akan kalian gunakan untuk
mengajar murid anda.Semoga bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya 🙏
1. Make- A Match ( Mencari Pasangan )
💛 Langkah-langkah :
a.
Guru menyiapkan beberapa kartu
yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya
satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
b.
Setiap siswa mendapat satu
buah kartu
c.
Tiap siswa memikirkan
jawaban/soal dari kartu yang dipegang
d.
Setiap siswa mencari pasangan
yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
e.
Setiap siswa yang dapat
mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
f.
Setelah satu babak kartu
dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
g.
Demikian seterusnya
h.
Kesimpulan/penutup
2.
Think Pair and Share.
💛 Langkah-langkah :
a.
Guru menyampaikan inti materi
dan kompetensi yang ingin dicapai
b.
Siswa diminta untuk berfikir
tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru
c.
Siswa diminta berpasangan
dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran
masing-masing
d.
Guru memimpin pleno kecil
diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
e.
Berawal dari kegiatan
tersebutmengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi
yang belum diuangkapkan para siswa
f.
Guru memberi kesimpulan
g.
Penutup
3.
Debate
💛 Langkah-langkah :
a.
Guru membagi 2 kelompok
peserta debat yang satu pro dan yg lainnya kontra
b.
Guru memberikan tugas untuk
membaca materiyang akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas
c.
Setelah selesai membaca
materi. Guru menunjuk salah satu anggotanya kelompok pro untuk berbicara saat
itu ditanggapi atau dibalas oleh kelompok kontra demikian seterusnya sampai
sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
d.
Sementara siswa menyampaikan
gagasannya guru menulis guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan di
papan tulis. Sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi.
4.
Role Playing
💛 Langkah-langkah :
a.
Guru menyusun/menyiapkan
skenario yang akan ditampilkan
b.
Menunjuk beberapa siswa untuk
mempelajari skenario dua hari sebelum kbm
c.
Guru membentuk kelompok siswa
yang anggotanya 5 orang
d.
Memberikan penjelasan tentang
kompetensi yang ingin dicapai
e.
Memanggil para siswa yang
sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
f.
Masing-masing siswa duduk di
kelompoknya, masing-masing sambil memperhatikan mengamati skenario yang sedang
diperagakan
g.
Setelah selesai dipentaskan,
masing-masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk membahas
h.
Masing-masing kelompok
menyampaikan hasil kesimpulannya
i.
Guru memberikan kesimpulan
secara umum
j.
Evaluasi
k.
Penutup.
5.
Group Investigation
💛 Langkah-langkah :
a.
Guru membagi kelas dalam
beberapa kelompok heterogen
b.
Guru menjelaskan maksud
pembelajaran dan tugas kelompok
c.
Guru memanggil ketua-ketua
untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas
yang berbeda dari kelompok lain
d.
Masing-masing kelompok
membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan .
e.
Setelah selesai diskusi, lewat
juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan
6.
Talking STIK
💛 Langkah-langkah :
a. Guru menyiapkan sebuah tongkat
b. Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari,
kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk untuk membaca dan mempelajari
materi pada pegangannya/paketnya
c. Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya
mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya
d. Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru
memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus
menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian
untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
e. Guru memberikan kesimpulan
f. Evaluasi
g. Penutup.
7. Bertukar Pasangan
💛 Langkah-langkah :
a. Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru biasa
menunjukkan pasangannya atau siswa menunjukkan pasangannya
b. Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas
dengan pasangannya
c. Setelah selesai setiap pasangan bergabungdengan satu
pasangan yang lain
d. Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan
masing-masing pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mengukuhkan jawaban
mereka
e. Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian
dibagikan kepada pasangan semula
8. Bertukar
Pasangan
💛 Langkah-langkah :
- Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
- Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
- Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya
- Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
- Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15 menit
- Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
- Evaluasi
- Penutup
9.
Snowball Throwing
💛 Langkah-langkah :
a.
Guru menyampaikan materi yang
akan disajikan
b.
Guru membentuk
kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan
penjelasan tentang materi
c.
Masing-masing ketua kelompok
kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang
disampaikan oleh guru kepada temannya
d.
Kemudian masing-masing siswa
diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja
yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
e.
Kemudian kertas tersebut
dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15
menit
f.
Setelah siswa dapat satu
bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab
pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
g.
Evaluasi
h.
Penutup
10.
Student Facilitator and
Explaining
Siswa/peserta mempresentasikan ide/pendapat pada
rekan peserta lainnya
💛 Langkah-langkah :
a.
Guru menyampaikan materi yang
akan disajikan
b.
Guru membentuk
kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan
penjelasan tentang materi
c.
Masing-masing ketua kelompok
kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang
disampaikan oleh guru kepada temannya
d.
Kemudian masing-masing siswa
diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja
yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
e.
Kemudian kertas tersebut
dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15
menit
f.
Setelah siswa dapat satu
bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab
pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
g.
Evaluasi
h.
Penutup
11. Course Review Horay
💛 Langkah-langkah :
a.
Guru menyampaikan kompetensi
yang ingin dicapai
b.
Guru
mendemonstrasikan/menyajikan materi
c.
Memberikan kesempatan siswa
tanya jawab
d.
Untuk menguji pemahaman, siswa
disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi
angka sesuai dengan seler masing-masing siswa
e.
Guru membaca soal secara acak
dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan
langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (centang) dan salan diisi
tanda silang (x)
f.
Siswa yang sudah mendapat
tanda (centang) vertikal atau horisontal, atau diagonal harus
berteriak horay … atau yel-yel lainnya
g.
Nilai siswa dihitung dari
jawaban benar jumlah horay yang diperoleh
h.
Penutup.
🙏"Masa muda itu untuk
belajar dan bekerja dengan baik, agar kita bisa bersenang-senang di masa tua
yang sehat dan mampu. Mario Teguh"💪
No comments:
Post a Comment