Wednesday, January 4, 2017

Model Pembelajaran


Hay guys,, syukur Allhamdulillah saya masih diberi kesmpatan untuk mengungkapkan pengetahuan yang saya dapat dari dosen saya mengenai model-model pembelajaran yang nantinya akan kalian gunakan untuk mengajar murid anda.Semoga bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya 🙏



1.      Make- A Match ( Mencari Pasangan )
💛 Langkah-langkah :
a.       Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
b.      Setiap siswa mendapat satu buah kartu
c.       Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
d.      Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
e.       Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
f.       Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
g.      Demikian seterusnya
h.      Kesimpulan/penutup

              2.                     Think Pair and Share.
💛 Langkah-langkah :
a.       Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
b.      Siswa diminta untuk berfikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru
c.       Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
d.      Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
e.       Berawal dari kegiatan tersebutmengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diuangkapkan para siswa
f.       Guru memberi kesimpulan
g.      Penutup


3.  Debate
💛 Langkah-langkah :
a.       Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu pro dan yg lainnya kontra
b.      Guru memberikan tugas untuk membaca materiyang akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas
c.       Setelah selesai membaca materi. Guru menunjuk salah satu anggotanya kelompok pro untuk berbicara saat itu ditanggapi atau dibalas oleh kelompok kontra demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
d.      Sementara siswa menyampaikan gagasannya guru menulis guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan di papan tulis. Sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi.


4.     Role Playing
💛 Langkah-langkah :
a.       Guru menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
b.      Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelum kbm
c.       Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
d.      Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai
e.       Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
f.       Masing-masing siswa duduk di kelompoknya, masing-masing sambil memperhatikan mengamati skenario yang sedang diperagakan
g.      Setelah selesai dipentaskan, masing-masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk membahas
h.      Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
i.        Guru memberikan kesimpulan secara umum
j.        Evaluasi
k.      Penutup.

5.  Group Investigation
💛 Langkah-langkah :
a.       Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
b.      Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
c.       Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
d.      Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan .
e.       Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan

6.  Talking  STIK
💛 Langkah-langkah :
a.       Guru menyiapkan sebuah tongkat
b.      Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk untuk membaca dan mempelajari materi pada pegangannya/paketnya
c.       Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya
d.      Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
e.       Guru memberikan kesimpulan
f.       Evaluasi
g.      Penutup.

7.  Bertukar Pasangan
💛 Langkah-langkah :
a.       Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru biasa menunjukkan pasangannya atau siswa menunjukkan pasangannya
b.      Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya
c.       Setelah selesai setiap pasangan bergabungdengan satu pasangan yang lain
d.      Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan masing-masing pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mengukuhkan jawaban mereka
e.       Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula

8.  Bertukar  Pasangan
💛 Langkah-langkah :
  1. Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
  2. Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
  3. Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya
  4. Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
  5. Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15 menit
  6. Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
  7. Evaluasi
  8. Penutup
9.  Snowball Throwing
💛 Langkah-langkah :
a.       Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
b.      Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
c.       Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya
d.      Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
e.       Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15 menit
f.       Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
g.      Evaluasi
h.      Penutup

10.  Student Facilitator and Explaining
Siswa/peserta mempresentasikan ide/pendapat pada rekan peserta lainnya
💛 Langkah-langkah :
a.       Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
b.      Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
c.       Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya
d.      Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
e.       Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15 menit
f.       Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
g.      Evaluasi
h.      Penutup 

11.  Course  Review Horay
💛 Langkah-langkah :
a.       Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
b.      Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
c.       Memberikan kesempatan siswa tanya jawab
d.      Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan seler masing-masing siswa
e.       Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (centang) dan salan diisi tanda silang (x)
f.       Siswa yang sudah mendapat tanda (centang) vertikal atau horisontal, atau diagonal harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya
g.      Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh
h.      Penutup.


🙏"Masa muda itu untuk belajar dan bekerja dengan baik, agar kita bisa bersenang-senang di masa tua yang sehat dan mampu. Mario Teguh"💪

No comments:

Post a Comment